• Dipublish Oleh: admin
  • Dipublish Pada: April 11, 2022
  • 1014 x dilihat.

Diskominfo Papua Menerima Kunjungan Diskominfo Yahukimo

Kadis Kominfo, Statistik Dan Persandian Kabupaten Yahukimo Riswanjaya Tandibiring didampingi Kabid Komunikasi dan Informatika Tonike Paulus Manobi pada senin 11 April 2022 berkesempatan untuk melakukan koordinasi secara langsung ke kantor Kominfo Provinsi Papua di Jayapura.

Koordinasi ini diterima oleh Sekretaris Kominfo Gilbred Raffles Youkwart, Kabid Persandian Raja Oloan Siburian, Kabid Aptika Totok Asbi Irianto, Kabid TIK Thomas Sibi, dan Kabid PIP Irma Riyani Soelaiman serta beberapa Kepala Seksi di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua.

Dikatakan oleh Riswanjaya tugas yang saat ini kami jalankan adalah mengawal Pembangunan BTS dari Bakti, pengembangan SPBE, PPID dan mendapatkan informasi tentang Televisi Digital serta informasi Set Top Box (STB) yang akan dibagikan oleh pemerintah, bila melihat Kondisi Yahukimo yang sebagian besar saat ini menikmati siaran TV menggunakan Parabola, apakah penerimaan siaran digital di Yahukimo memungkinkan untuk dapat menerima siaran tersebut, tanyanya.

Menanggapi informasi tentang televisi digital, menurut Siburian bahwa siaran Televisi Analog pada 22 November 2022 secara Nasional akan segera dimatikan sedangkan peralatan STB akan dibagikan melalui kementerian sosial. Untuk tahap pertama Analog Switch Off (ASO) akan di lakukan untuk wilayah Kab. Keroom, Kab. Jayapura dan kota Jayapura.

Sedangkan untuk siaran radio di Kab. Yahukimo telah mempunyai dengan nama “Radio Bumi Sumohay” (RBS) yang masih beroperasi sebagai media informasi bagi pemerintah dan masyarakat kabupaten Yahukimo dan melaukan riley dari RRI Jayapura melalui frekuensi FM 96.00 dengan lama siaran 8 jam perhari.

Hal lain mengenai e-Gov ucap Tonike Kabid TIK, meminta bantuan dan saran dari Diskominfo Provinsi Papua agar Diskominfo, Statistik dan Persandian Yahukimo dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan.

“Ada rencana akan memasang kabel FO disekitar kantor Bupati yang bekerjasama dengan Telkom,  dan di beberapa SKPD strategis yang akan kami pasang lebih dahulu yaitu BPKAD, Bappeda, Kominfo dan Inspektorat,” ucapnya.

Secara garis besar kedatangan kami adalah untuk berkoordinasi dan mendapatkan informasi terkait TIK sehingga hal-hal yang penting dapat kami tindak lanjuti untuk memaksimalkan keterbatasan infrastruktur TIK yang ada di Yahukimo.

Selanjutnya Diskominfo Yahukimo juga bisa mempunyai infrastruktur TIK, minimal bisa mensupport SKPD strategis yang ada di Yahukimo, seperti yang disampaikan kabid TIK Yahukimo tutup Rismanjaya. ***