• Dipublish Oleh: admin
  • Dipublish Pada: September 26, 2022

Diskominfo Papua Ingatkan Warga Tak Sembarangan Klik Link Tak Jelas

JAYAPURA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua mengingatkan warga Bumi Cenderawasih agar tak asal mengklik link di media sosial Facebook maupun Whatsapp miliknya, karena dikhawatiran menjadi korban kejahatan siber yang belakangan ini sudah merugikan banyak pihak.

"Modusnya adalah dengan menarik minat warga agar mengklik suatu link atau tautan, dan biasanya para penjahat siber akan menggoda pengguna gadget undian atau hal sejenis yang tujuannya mengiming-iming seseorang untuk mendapatkan uang".

"Ketika di klik maka data pribadi kita bisa dicuri dan yang mana hal itu bisa dimanfaatkan untuk kejahatan siber," kata Kepala Diskominfo Papua, Jeri A. Yudianto di Jayapura, Jumat (23/9/2022).

Selain itu, hal tak kalah penting adalah tidak mengumbar data tempat dan tanggal lahir, nama lengkap maupun alamat serta nomor telepon. Sebab data-data tersebut biasa dipakai oleh warga untuk mengurus dokumen penting di perbankan, pemerintahan maupun lainnya.

"Sekarang kan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dengan bermain media sosial. Salah satunya pada aplikasi Facebook lalu Whatsapp, sehingga kita harus bijak dalam membagikan postingan atau data pribadi".

"Intinya kita ingatkan dalam bergaul di media sosial harus berhati-hati jangan terlalu terbuka dalam mengekpos informasi pribadi atau kegiatan pribadi, dengan begitu dapat memproteksikan diri sendiri," imbaunya.

Pada kesempatan tersebut, Jery mengimbau warga untuk terus melakukan pembaharuan pangamanan pada setiap akun media sosial miliknya. Dengan begitu dapat mencegah terjadinya kebocoran data yang dipergunakan pihak tertentu untuk mengambil keuntungan. ***