• Dipublish Oleh: admin
  • Dipublish Pada: September 10, 2012

Berpotensi Cetak Dokumen Rahasia Negara, PRP Siap Go Nasional

     Setelah resmi beroperasi beberapa waktu lalu, Percetakan Rakyat Papua kini mulai mengembangkan sayap dengan mulai merengkuh pangsa pasar wilayah Indonesia Timur. Perusahaan ini, bahkan tengah menjajaki potensi untuk menjadi salah satu perusahaan percetakaan milik daerah yang bakal mencetak dokumen rahasia negara (security printing).Sejumlah dokumen rahasia negara itu antara lain seperti, STNK, Ijasah, sertifikat, rapor, label hologram, serta dokumen penting lain.Menurut Direktur Produksi, Pemasaran dan Prencanaan Percetakan Rakyat Papua (PRP) Agustinust D Ohee, saat ini perusahaan yang dipimpinnya tengah mengikuti proses tender pencetakan security printing tersebut.

     Sementara jika berhasil memenangkan tender, maka PRP akan menjadi satu-satunya perusahaan percetakan yang akan menangani pencetakan dokumen rahasia negara untuk wilayah timur Indonesia. Saingan terberat kita adalah perusahaan dari Makasar. Tapi itu tidak menciutkan nyali kita untuk bersaing sebab sudah menjadi rahasia umum kalau PRP memiliki mesin cetak buatan jerman dengan kualitas terbaik dunia. Maka, bukan tidak mungkin kita memiliki potensi yang besar untuk menjadi pemenang dan kita sedang upayakan itu, kata dia saat diwawancara pers, di Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Jumat (7/9) siang.Lebih lanjut dijelaskannya dia,  meski telah memiliki mesin cetakan kualitas dunia, PRP masih terus berbenah baik dari segi peralatan pendukung maupun sumber daya manusia (SDM) guna memenuhi kualifikasi maupun persyaratan yang ditetapkan untuk menjadi perusahaan pencetakan security printing.

    Khusus dari sisi sumber daya manusia, memang masih ada beberapa yang harus ditambah dan dilengkapi. Tetapi peralatan pendukung utama sebenarnya sudah memadai dan dilihat sudah mampu dari sisi fisik dan gedung, sehingga disini bisa dikatakan PRP sangat memenuhi persyaratan,
tukasnya.Ditambahkan Agus, jika PRP memenangkan tender security printing, maka perusahaan ini bakal memegang lisensi security printing Indonesia timur, sehingga bisa menerima order dari Maluku, Papua Barat, bahkan mungkin dari pulau Sulawesi.Itu yang menjadi target kita dengan bisa mendapatkan pencetakan security printing, maka kita harapkan bisa mendapat order pencetakan dari sejumlah provinsi di Indonesia timur untuk meningkatkan pendapatan kita, tutupnya.