• Dipublish Oleh: admin
  • Dipublish Pada: October 23, 2013
  • 625 x dilihat.

Tahun Depan Dinas PTIK Uji Coba Internet Gratis di Jayapura

      Dalam rangka menunjang program peningkatan teknologi informasi bagi masyarakat, Dinas Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Provinsi Papua pada Tahun 2014 mendatang bakal melakukan uji coba internet gratis di Jayapura. Menurut Kepala Dinas PTIK Provinsi Papua, Archipus Kaize, uji coba internet gratis tersebut akan dibagi dalam dua model, yakni untuk perkantoran Pemerintah Provinsi pada jam enam pagi hingga jam enam malam, sementara untuk waktu selanjutnya hingga pukul enam pagi diberikan kesempatan kepada masyarakat umum. "Jadi, kita akan mencoba dengan program pertama kami dari jam 6 pagi hingga 6 sore digunakan oleh Pemerintah. Kemudian dari jam 6 sore hingga jam 6 pagi kita berikan kesempatan kepada masyarakat. Dan ini memang baru tahap pertama yang nanti akan kita pantau apakah jaringan ini macet atau tidak," jelas dia saat diwawancara pers diruang kerjanya, kemarin.

            Menurut dia, uji coba internet gratis ini akan dimulai di Jayapura yang nantinya bakal dilanjutkan ke daerah lain dengan melihat perkembangan maupun pembiayaan yang ada pada Dinas PTIK. "Ya, karena baru percobaan tahap awal akan kita ujikan di Jayapura dulu. Nanti kita melihat perkembangan yang ada di masyarakat. Kalau bagus tentu akan kita terus kembangkan hingga ke daerah lain," katanya. Sementara untuk mendukung uji coba internet gratis itu, lanjut Archipus, pihaknya bersama staf dalam waktu dekat ini berencana melakukan studi banding di Surabaya, yang mana pengelolaan Teknologi Informasi di daerah tersebut dinilai sudah sangat bagus. "Jadi kita akan kesana dan pergi kesana (Surabay) untuk melihat sejauh mana perkembangan dan pengelolaan IT mereka. Dan hasilnya ini akan kita bawa kembali ke Papua khususnya Jayapura untuk diterapkan disini dengan harapan bisa mendukung perkembangan teknologi informasi di Jayapura dan Papua secara umum," jelasnya.

          Pada kesempatan itu, Kepala Dinas yang baru menjabat kurang dari seminggu ini, menuturkan dalam program kerja Tahun 2014 mendatang pihaknya berkomitmen untuk memperbaiki seluruh jaringan di Papua, yang selama dinilai kurang maksimal. "Kadang-kadang SKPD mereka mengeluh bahwa ketika internet dibuka terus kemudian macet sehingga kedepan kita akan usahakan atasi ini. Khususnya lagi di ruang kerja dan kediaman Gubernur Papua. sehingga bapak Gubernur nantinya bisa memantau dan mengetahui kinerja SKPD dengan hanya melihat data yang disajikan per SKPD melalui internet," cetus dia.
Sedangkan kebijakan lain yang bakal diambilnya adalah menyangkut pemasangan jaringan nirkabel yang selama ini ditangani langsung oleh Dinas PTIK Provinsi. Dirinya berujar bahwa kedepan kegiatan ini akan
diserahkan langsung ke kabupaten sehingga daerah mempunyai tugas tak hanya mengawasi tetapi melaksanakan hingga membiayai kegiatan tersebut. Jadi, kedepan pekerjaan seperti ini dilimpahkan ke daerah sementara pembiayaan kita juga serahkan ke daerah sehingga pekerjaan bisa jalan secara baik mulai dari tingkat kampung," tutupnya