• Dipublish Oleh: admin
  • Dipublish Pada: November 22, 2013
  • 616 x dilihat.

Perguruan Tinggi & Lembaga Keagamaan Terima Bantuan Pemprov

Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (DPTIK) Provinsi Papua, Kamis (21/11) menyerahkan bantuan peralatan teknologi berupa projektor, komputer dan printer bagi Perguruan Tinggi maupun lembaga keagamaan. Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Papua, Elia Loupatty mewakili Gubernur Papua, bertempat di Ruang Rapat Lantai III Kantor DPTIK Papua. Pada kesempatan itu, Pemprov Papua juga turut memberikan bantuan dukungan dana perekrutan dan pembinaan khusus putra/putri Papua di bidang teknologi informasi dan komunikasi pada sejumlah lembaga/institusi pendidikan di Jayapura.

      Disela-sela penyerahan tersebut, Elia Loupatty dalam arahannya menegaska bahwa bentuk perhatian ini karena pemerintah berpandangan peran lembaga keagamaan serta perguruan tinggi yang ada di Papua, merupakan mitra kerja yang langsung berkaitan dengan peningkatan sumber daya manusia guna menjadi terampil serta siap pakai dalam menunjang pembangunan di negeri ini. Peran keduanya dipandang berkaitan serta erat karena meskipun Perguruan Tinggi memunculkan SDM yang baik namun tak didukung dengan karakter keagamaan yang baik pula, maka hal demikian akan percuma sebab dapat merusak tatanan kehidupan manusia itu sendiri yang tentunya berimbas pada orang lain disekitarnya.

      Artinya disini bisa saja banyak orang pintar di seluruh dunia, tetapi apalah artinya bila kepintaran itu tidak dibarengi dengan karakter yang baik. Inilah tugas dari teman-teman lembaga keagamaan dan memang keduanya berkaitan sehingga orang pintar bisa banyak tetapi kalau tidak berkarakter maka dia akan melakukan hal-hal yang dapat merusak kehidupan manusia," tuturnya.Dalam kesempatan tersebut, Asisten berharap kepada pihak lembaga keagamaan agar dengan adanya bantuan peralatan teknologi ini,
selanjutnya dapat digunakan untuk melatih rekan-rekan lainnya apalagi yang berdomisili di daerah-daerah, sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada jemaat.

      Sementara bagi perguruan tinggi, pihaknya berharap bantuan ini dapat membantu mendidik serta memudahkan para dosen maupun guru dalam membimbing siswanya guna meningkatkan SDM Papua yang lebih baik maupun handal. "Sebab tujuan dari pemberian bantuan ini adalah meningkatkan SDM siswa/mahasiswa serta para tenaga dosen dan guru tak terkecuali pihak lembaga keagamaan sehingga bisa lebih baik lagi dalam memanfaatkan teknologi informasi, untuk kemudian menghasilkan para lulusan handal yang bisa membuka lapangan kerja sendiri. Karena untuk bidang IT di Papua masih sangat kurang pemanfaatannya apalagi untuk tingkat kabupaten," imbaunya.

     Sementara itu, maksud dilaksanakan kegiatan ini adalah memberikan bantuan peralatan berupa projektor, komputer dan printer bagi perguruan tinggi, lembaga keagamaan serta dukungan dana perekrutan dan pembinaan khusus putra/putri Papua di Jayapura. Kepala Dinas PTIK Provinsi Papua, Archipus Kaize menjelaskan menjelaskan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatkkan sumber daya manusia khusus putra/putri Papua dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi guna mendukung visi misi gubernur dan wakil gubernur Papua yaitu Papua bangkit, mandiri dan sejahtera guna memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta memperlancar tugas dan kebutuhan lembaga pendidikan dan keagamaan