• Dipublish Oleh: admin
  • Dipublish Pada: May 2, 2016
  • 565 x dilihat.

Dinas Kominfo Sarankan Website Pemprov Dimanfaatkan PPID

Sebagai upaya mendukung keterbukaan informasi publik yang menjadi salah satu syarat bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tingkat provinsi, Dinas Infofmasi dan Komunukasi Papua menyarankan pemanfaatan website Pemprov.


Hal itu dikatakan Kepala Dinas Infromasi dan Komunukasi Provinsi Papua, Kansiana Salle di Jayapura, Sabtu (30/4).


“Jika diminta kami siap memfasilitasi PPID untuk memberikan space atau halaman pada website Pemprov. Sebab memiliki halaman website menjadi tuntutan keterbukaan informasi publik yang mesti dilakukan PPID SKPD”.


“Hanya kita bertanggung jawab akan konten halaman saja sementara yang mengisi data dalam web adalah masing-masing PPID SKPD. Bagitu pula untuk SKPD atau kabupaten /kota itu dimana mereka sendiri bertanggung jawab memasukan data informasi kepada masyarakat yang membutuhkan secara online,” ucap dia.


Masih dikatakan Kansiana, website Pemerintah Provinsi ini sebenarnya sudah ada sejak 2003 lalu namun hadir dengan nama Irian Jaya.go.id. Sedangan sekitar 2010 mulai diganti menjadi Papua.go.id seiring dengan berubahnya nomenklatur nama daerah tingkat satu.


“Sebenarnya website ini sudah lama. Hanya mungkin belum dimanfaatkan secara optimal saja oleh SKPD. Padahal kami sudah menyampaikan siap memberikan halaman kepada SKPD. Karena itu melalui momentum keterbukaan informasi publik sekali lagi kami tekankan siap untuk memberikan halaman bagi PPID,”ucap dia.


Sementara menyoal network/jaringan internet di lingkungan Pemprov Papua, lanjut Kansiana, saat ini Dinas Infokom Papua tengah menjajaki pembicaraan penambahan kecepatan bandwich bersama PT. Telkom.


Pihaknya juga berencana memantaakan kabel fiber optik yang sudah mulai terkoneksi di Kota Jayapura, untuk menyediakan jaringan internet maupun intranet kepada seluruh SKPD – SKPD.


“Kita mau mulai dari lokasi kantor pemerintahan di Dok IX, lalu sampai dengan Tanah Hitam, Rumah Sakit Abepura dan Rumah Sakit Jiwa.“Intinya kita akan fasilitasi supaya seluruh SKPD bisa terkoneksi jaringan. Kita estimasi paling lambat Juli mendatang semua kantor pemerintahan provinsi sudah terkoneksi fiber optik oleh PT, Telkom,”harapnya.