• Dipublish Oleh: Administrator
  • Dipublish Pada: August 7, 2016
  • 572 x dilihat.

Kominfo Segera Launching Internet Gratis di 12 Titik

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua bakal segera melaunching internet gratis di 12 titik, untuk memberikan kemudahan dan layanan dalam bidang teknologi informasi (TI) kepada masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua Kansiana Salle mengatakan, launching atau peluncuran internet gratis 12 titik yang terletak di Kota dan Kabupaten Jayapura, rencananya akan dilakukan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe.

“Namun peluncuran ini baru bisa dilakukan setelah jaringan internet di Papua kembali normal pasca putusnya kabel fiber optik di perairan laut Sarmi, bulan lalu,” jelas Kansiana kepada pers, Kamis (4/8) di Jayapura.

Kansiana mengatakan saat ini tengah fokus mengadakan serta membenahi jaringan TI di seluruh Papua. Sebab TI menjadi salah satu penentu pelayanan pemerintahan yang selama ini dilakukan oleh SKPD terkait.

“Pekerjaan jaringan TI menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. Oleh karena itu, kita terus mendorong penyediaan jaringan TI supaya masyarakat bisa mendapatkan akses atau minimal mendapatkan internet gratis,” tutur dia.

Sebelumnya, Dinas Komunikasi dan Informasi Papua telah melakukan penambahan kecepatan internet hingga mencapai 60 Mbps (sebelumnya 20 Mbps) untuk memenuhi keperluan layanan data secara elektronik di seluruh SKPD.

Peningkatan konsumsi transfer data ini merupakan bentuk kerja sama dengan pihak Telkom Papua dimana pada Desember 2015 lalu, pemasangan sambungan kabel fiber optik Biak-Jayapura telah rampung.

“Tapi sebenarnya kecepatan 60 Mbps ini tak hanya di lingkungan pemerintahan provinsi saja, tetapi juga untuk layanan bagi masyarakat secara komersil,” Sambungnya.

Ia juga menyatakan siap mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Bumi Cenderawasih. Pihaknya juga sedang mempersiapkan jaringan internet dengan akses data cepat untuk kebutuhan PON.