• Dipublish Oleh: admin
  • Dipublish Pada: August 1, 2018
  • 671 x dilihat.

Penerapan e-Government Perwujudan Pemerintahan Yang Transparan

Penerapan e-Government saat ini diyakini sebagai sebuah perwujudan dalam penerapan pemerintahan yang bersih dan transparan.

Model ini juga yang kini dipakai dalam gaya kepemimpinan saat ini karena menjadi cara baru dalam pengambilan kebijakan serta sarana baru dalam menerima keluhan masyarakat. Dilain pihak, sebagai cara baru dalam meningkatkan pelayanan publik di bidang pelayanan informasi.

“Sebab melalui kebijakan penerapan e-government ini, kepercayaan publik kepada pemerintah akan meningkat, karena yang sangat diharapkan oleh publik adalah transparansi dan pelayanan yang baik dari pemerintah,” terang Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa, pada sosialisasi dan evaluasi pemanfaatan aplikasi e-government Pemerintah Provinsi Papua di Jayapura, Senin (30/7).

Menurutnya, penyerapan e-Government secara terintegrasi juga diyakini akan mampu menjadi salah satu pencapaian good governance sekaligus mempercepat penyelenggaraan otonomi daerah.

Sebab pemanfaatannya pada setiap tingkatan penyelenggaraan pemerintahan saat ini, merupakan kebutuhan yang mutlak dalam rangka mendukung pertukaran data maupun informasi serta penyaluran berita secara cepat dan akurat.

“Sebab sekali lagi salah satu cara dalam mengimplementasikan karakteristik good government tersebut adalah dengan menerapkan e-government,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, dia berharap kepada peserta sosialisasi agar mempunyai komitemen dan siap untuk mengelola pemerintahan degan baik, mengedepankan transparansi, serta lebih maju, mandiri dan mampu berkembang dalam mengelola tata pemerintahan.

“Sekaligus dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Sebab melalui sosialisasi ini, kita juga harapkan ASN bisa memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan baik. Sehingga yang disajikan menjadi lebih akurat,” pungkasnya.