• Dipublish Oleh: admin
  • Dipublish Pada: November 25, 2022
  • 941 x dilihat.

Peresmian Pemanfaatan Videotron Dan CCTV Dari Pemprov Papua Kepada Pemkab Sarmi 

SARMI – Pemerintah Provinsi Papua melalui Instansi Teknisnya Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) menyerahkan pemanfaatan Videotron dan CCTV di Kabupaten Sarmi kepada Pemerintah Kabupaten Sarmi.

Gubernur Papua dalam Sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Jeri Agus Yudianto, S. Kom, pada acara serah terima pemanfaatan ini menegaskan bahwa Videotron adalah bagian dari media luar ruang berbasis digital yang dapat digunkan untuk diseminasi dan hiburan bagi masyarakat dan pada Tahun 2022 juga disediakan CCTV yang diletakkan di sudut Kota Sarmi yang juga dapat dimanfaatkan untuk memonitor secara realtime aktivitas publik yang ada.

Penyediaan Videotron adalah yang ke-9 disiapkan setelah Kabupaten Merauke, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Jayawaijaya. Kabupaten Nabire dan Kabupaten Kepulauan Yapen sejak Tahun 2013.

Khusus CCTV pada Tahun 2022 disiapkan sebanyak 40 titik tersebar di Kab. Keerom, Kab. Sarmi, Kab. Kepulauan Yapen dan Kab. Biak Numfor, untuk di Kota Jayapura terdapat di beberapa titik eksisting yang telah ada beberapa waktu lalu.  

CCTV ini kedepannya bisa di kolaborasikan dengan steakeholder terkait  untuk kepentingan keamanan/ketertiban  ataupun hal lainnya. Monitoring CCTV di letakkan pada setiap Kantor Dinas KOMINFO setempat dan secara keseluruan CCTV di Kabupaten / Kota yang tersedia  dapat langsung dimonitor di Ruang Media Center Dinas KOMINFO Provinsi Papua ataupun melalui IPAD / HP Android pada beberapa Pejabat tertentu.

Penjabat Bupati Sarmi Markus O. Mansembra SH, MH dalam sambutannya memberikan apresiasi yang sangat besar kepada Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe, SIP MH yang telah memberikan perhatian khusus pada PEMDA Sarmi dan tentunya pada PEMDA lainnya yang mendapatkan fasilitas/media ini, dan ia menyatakan akan menggunakan media ini untuk sarana informasi PEMDA kepada Masyarakat serta kebutuhan lainnya, serta akan memberikan perhatian penuh untuk pemeliharaan dan operasionalnya.

Media ini menjadi salah satu bagian untuk mengubah wajah kota Sarmi menjadi lebih modern serta dapat digunakan sarana hiburan apalagi pada Musim Piala Dunia ini, dijadikan arena NOBAR bagi masyarakat sekitar.

Peresmian pemanfaatan Videotron dan CCTV di Kabupaten Sarmi dilaksanakan pada tanggal 22 November 2022 di Halaman Kantor Badan Penanggulangan Daerah Kabupaten Sarmi ,dan dalam acara tersebut dihadiri oleh Penjabat Bupati, FORKOPIMDA Kab. Sarmi, Sekda Kab. Sarmi  dan  para Pimpinan SKPD di lingkungan PEMDA Kabupaten Sarmi serta Pejabat dan Tim Teknis Pembangunan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua.