• Dipublish Oleh: admin
  • Dipublish Pada: June 6, 2023
  • 790 x dilihat.

Buka Pelatihan TOT Literasi Digital, Kadis KOMINFO Harapkan Sinergitas Bersama

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jeri Agus Yudianto, S. Kom membuka Pelatihan Literasi Digital bagi Trainer di salah satu hotel di Jayapura.

Dalam sambutannya Jeri mengatakan Populasi penduduk Papua yang cukup tinggi sekitar 63, 15%  dari 215.626.256 pada Triwulan I di tahun 2023. Hal ini sangat signifikan dengan pengaruh penggunaan internet, dimana informasi dalam bentuk teks, gambar maupun vidio sangat mudah didapatkan di media sosial, sehingga kelimpahan informasi inidibutuhkan literasi digital yang mumpuni untuk dapat membedakan informasi yang benar dan valid dan informasi yang sifatnya hoax.

Selanjutnya dicontohkan Jeri pada masa pandemi Covid 19 lalu banyak bertebaran berita hoax yang sangat mempengaruhi perilaku masyarakat terhadap penanganan dan pengendalian Covid 19. Dari situ kita dapat mengambil pelajaran bahwa sangat perlunya sinergi bersama antara pemerintah dengan semua pemangku kepentingan .

“Apresiasi yang luar biasa untuk Unicef dan ICT Watch Indonesia yang  turut  serta memberikan penguatan literasi digital dengan Pendekatan Komunikasi pribadi (KAP) dalam bentuk Training of Trainer kepada para kadernya“ ucapnya.

Menutup sambutannya Jeri juga mengharapkan agar kegiatan ini bisa diteruskan ke masyarakat/kelompok terdekat sehingga sinergi bersama memerangi hoaks terlebih khusus masalah Covid – 19 maupun dunia kesehatan dan Masyarakat Papua yang sehat tetap terus bersama dilakukan.

Sejalan dengan itu Kepala Kantor Perwakilan Unicef Papua Papua Barat Aminuddin Mohammad Ramdan, S.I.P., M.A mengatakan kegiatan ini merupakan cikal bakal upaya yang dilakukan dalam memberikan literasi digital yang akan diteruskan ke rekan – rekan yang lain di Papua. Dikatakan Ramdan Betapa berbahanya isu Hoax ini, “Kami dari Unicef  menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada ICT Watch  yang memberikan pendampingan dan pelatihan yang diselenggarakan untuk memberikan penyeimbang kepada komunitas – komunitas untuk menangkal berita hoax“.  

“Tong di Papua ini dengar dengaran, kita di depan untuk memberikan informasi yang tepat, membantu teman – teman Kominfo untuk memberikan informasi kemasyarakat, utamanya terhadap saudara – saudara kita yang minim internet, disini pentingnya kita memberikan literasi digital kepada masyarakat” ujarnya.

Kegiatan ini diselenggaran selama tiga hari di mulai dari tanggal 6 Juni dan berakhir pada tanggal 8 Juni 2023 yang diikuti oleh para kader dan mitra ICT Watch.