• Dipublish Oleh: admin
  • Dipublish Pada: October 27, 2023
  • 760 x dilihat.

Literasi Digital Bersama Kelompok Muda Lintas Agama Untuk Indonesia Maju

JAYAPURA -  Mendorong kaum muda terlibat aktif pada Literasi Digital guna bersama  menjaga ruang digital di Papua untuk Indonesia maju, Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) menyelenggarakan Sosialiasi Literasi Digital bagi Kelompok Muda Lintas Agama (27/10).

Pj. Gubernur Papua Dr. M. Ridwan Rumasukun, SE, MM dalam sambutan dan arahannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas  KOMINFO Papua,  Jeri Agus Yudianto, S. Kom  menyatakan bahwa  saat ini pengguna internet yang terbanyak digunakan untuk berselancar di media sosial.  

Informasi  dalam bentuk teks, gambar maupun video sangat mudah didapatkan  di media sosial dengan Distrubsi/kelimpahan informasi di media sosial maka dibutuhkan literasi digital yang mumpuni, sehingga dapat membedakan informasi yang benar dan valid dengan informasi yang sifatnya hoax.  

Kolaborasi bersama yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua, Badan Nasional Narkotika dan Duta Damai Papua melakukan Literasi Digital adalah untuk  berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai konten-konten positif, kecakapan digital, etika digital, keamanan digital dan budaya digital serta memberikan informasi tentang pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.  

Penjabat Gubenur juga berharap agar jangan berhenti pada kegiatan ini saja namun harus bisa di teruskan sehingga dapat memerangi hoaks dan menjadikan anak-anak muda di papua  yang cakap,  berkualitas dan professional di bidang tenologi informasi serta menjauhi Narkoba.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas  KOMINFO Papua menyatakan saat ini Penetrasi Pengguna Internet  di Papua berkisar 75,89 % berkontribusi secara nasional 0,36%, tidak begitu besar namun apabila pengguna internet tersebut tidak memiliki literasi digital yang memadai akan mudah terprovokasi atas sebuah isue atau opini yang belum jelas kebenarannya, ditambah lagi saat ini konten di Media Sosial banyak menggunakan Artificial Intelegent (AI) dalam betuk suara atau gambar yang mirip aslinya namun palsu sehingga akan sangat mudah mempengaruhi para pengguna Media Sosial.  Dinas KOMINFO tetap kosisten untuk mendukung program literasi digital guna menjaga ruang digital di Papua dalam berbagai bentuk seperti; sosialiasi, Podcast dan penetrasi informasi pemerintah melalui semua platform: Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, Youtube dan Website serta saat tertentu menggunakan SMS Broadcast.

Kegiatan Sosialisasi  ini dilakukan dalam bentuk paparan/pelatihan teknis serta diskusi yang diikuti para Pemuda dari lintas agama dan bertindak sebagai narasumber terdiri dari:  Kepala Bidang / Kepala Seksi Teknis Dinas KOMINFO Provinsi Papua, BNN Papua dan Penggiat Duta Damai Papua. ***