• Dipublish Oleh: admin
  • Dipublish Pada: December 8, 2023
  • 641 x dilihat.

Diskominfo Papua : Warga 3T Sudah Merasakan Manfaat Jaringan Telekomunikasi

JAYAPURA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua meyakini warga tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di Bumi Cenderawasih, sudah merasakan manfaat jaringan telekomunikasi yang dikerjakan pemerintah pusat.

Hal demikian terlihat dari makin meningkatnya data warga 3T di Papua yang melek teknologi atau berselancar di media sosial, baik untuk keperluan pribadi, hiburan maupun bisnis. 

"Dari pengamatan kami kehadiran jaringan telekomunikasi di tanah Papua kini sangat membantu warga 3T, dimana sebelumnya hanya ada jaringan milik PT Telkom, namun kini sudah didukung jaringan lainnya," terang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua Jeri Agus Yudianto, di Jayapura, Rabu.

Menurutnya, saat ini ada tiga jaringan telekomunikasi merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang mana kini telah dirasakan manfaatnya oleh warga 3T di Papua. Tiga jaringan telekomunikasi itu, yakni Palapa Ring Timur, BTS 4G dan Satria.

Kehadiran tiga jaringan dari pemerintah pusat ini sangat membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan infrastuktur. 

Disamping itu, kehadiran tiga jaringan telekomunikasi tersebut, telah dimanfaatkan masyarakat dengan baik, pada bidang pendidikan, kesehatan maupun infrastruktur.

"Memang jaringan telekomunikasi ini kan salah satu yang tidak bisa ditinggalkan di dalam pembangunan. Karena suatu wilayah, mesti mendapat dukungan digitalisasi lewat jaringan telekomunikasi. Dengan begitu, maka pemerintah bisa meminimalisir kesenjangan digital," tandasnya. ***