• Dipublish Oleh: admin
  • Dipublish Pada: April 2, 2012
  • 672 x dilihat.

Manajemen Hosting SKPD Pada DPTIK Provinsi Papua dengan Menggunakan cPanel

Dinas Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Provinsi Papua adalah pengelola infrastruktur Teknologi Informasi pada lingkungan SPKD di Provinsi Papua. Selain menyediakan infrastruktur sambungan ke Internet, DPTIK Provinsi Papua memiliki pusat data yang digunakan untuk menempatkan infrastruktur server SKPD.

Untuk mempermudah SKPD dalam mengelola website, DPTIK Provinsi Papua menyediakan server khusus webhosting yang dikonfigurasi khusus untuk melayani kebutuhan SKPD. Platform cPanel dan WHM dipilih karena faktor di antaranya adalah:

Sederhana
Antarmuka cPanel yang intuitif dan termasuk di dalamnya tutorial video bantuan sudah terdapat di layar. Hal ini memungkinkan pelanggan hosting untuk mengelola account mereka sendiri tanpa perlu untuk menghubungi staf pendukung. Pemula juga bisa mendapatkan keuntungan dari Wizards yang disertakan dengan cPanel dan WHM.

Aman
cPanel dan WHM memiliki teknologi terbaru untuk membantu menjaga server aman. Perangkat lunak cPanel menawarkan perlindungan virus, deteksi rootkit, dan sejumlah alat lainnya untuk memungkinkan administrator untuk mengunci server. Sistem ini bahkan membantu melindungi terhadap ancaman saat ini seperti XSRF (“sea surfing”) dan serangan XSS. Pusat Keamanan WHM memungkinkan administrator untuk secara mudah mengkonfigurasikan setelan keamanan yang berbeda.

Reliabel
Perangkat lunak ini memiliki sistem pemantauan sendiri yang otomatis. Jika servis gagal dideteksi, maka secara otomatis akan mencoba untuk memulai kembali servis itu. Ditambah lagi, perbaikan baru untuk perangkat lunak (termasuk DNS clustering system) memberikan kninerja yang bebas repot, dan kinerja yang kuat.
WHM juga akan memberitahu administrator melalui email, IM, atau pesan teks apabila terdapat masalah yang dapat mempengaruhi kemampuan server. Dengan cara ini, administrator dapat melakukan perawatan pencegahan untuk menjaga server tetap berjalan.