• Dipublish Oleh: admin
  • Dipublish Pada: April 1, 2022
  • 763 x dilihat.

Analog Switch (ASO) Tahap Pertama Segera Dilakukan

Jayapura (31/3) - Analog Switch Off (ASO) atau Migrasi TV Analog ke TV Digital tahap pertama akan segera dilakukan pada 30 april 2022 mendatang.

Migrasi TV ini telah disosialisasikan sejak 31 Agustus 2021 dan akan dilaksanakan dalam 3 tahap.

Dikatakan oleh Ketua KPID Rusni Abaidata pada 2 November 2022 secara Nasional siaran TV analog akan segera dimatikan, untuk Papua Analog Switch Off Tahap 1 akan dilakukan di Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

“Ada 10 stasiun TV nasional yang ada di Jayapura telah siap untuk beralih ke siaran Digital, dimana TVRI Papua pun sudah memulai siaran Digitalnya,” terang Rusni.

Diharapkan pemerintah mempunyai komitmen untuk mendorong infrastruktur televisi digital ini sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi yang berkualitas.

“Mari manfaatkan siaran Digital ini sebagai media untuk mempererat silaturahmi dan sumber berita yang informatif,” ujarnya.

Ditambahkan Kadis Kominfo Jeri Agus Yudianto, S. Kom, siaran TV digital nantinya dapat dinikmati juga melalui Hand Phone dan TV digital ini bisa dinikmati tanpa internet.

"Siaran ini adalah hak Masyarakat untuk benar-benar dapat  menikmati Siaran TV yang berkualitas," selain Gambar yang bersih dan suara yang jernih, siaran televisi digital ini ada Warning Alarm yang bisa memunculkan notifikasi jika terjadi bencana alam.

Lebih lanjut Jeri mengatakan Pemerintah Provinsi Papua perlu mensosialisasikan siaran Digital ini sehingga masyarakat siap untuk dapat menikmati siaran digital.

"Mari kita songsong Siaran Digital ini untuk Papua yang lebih baik dan Papua yang lebih maju," tutup jeri.

Hal ini dikatakan Jeri saat berkesempatan untuk mengisi program Televisi pada salah satu Stasiun Televisi Swasta Di Jayapura.