• Dipublish Oleh: admin
  • Dipublish Pada: August 18, 2021
  • 554 x dilihat.

Gubernur Enembe Irup HUT Kemerdekaan RI 2021

Gubernur Papua Lukas Enembe direncanakan menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 yang digelar di Gedung Negara, Dok V Atas, Jayapura.

Kendati demikian, peringatan HUT kemerdekaan negara Indonesia berlangsung secara terbatas.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua, Jery Yudianto, di Jayapura, Senin.

“Upacara tetap digelar namun terbatas sesuai instruksi Menteri Sekretaris Negara,” terang ia.

Sementara alasan menggelar di Gedung Negara, lantaran jumlah peserta yang menurut instruksi sangat terbatas. Dimana hanya diikuti perwakilan dari ASN, Korpri, TNI/Polri, mahasiswa dan pelajar.

“Intinya selain kapasitas sangat terbatas kita terapkan protokol kesehatan yang ketat. Dan tentunya khidmat maupun semangat peringatan kemerdekaan RI tentunya tidak hilang,” ujar ia.

Upacara kenaikan HUT Kemerdekaan RI digelar mulai pukul 10.00 hingga 11.00 WIT. Setelah itu dilanjutkan mengikuti upacara HUT RI secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, khusus bagi Forkopimda Papua.

Sementara upacara penurunan bendera sendiri, berlangsung pukul 17.00 hingga 18.00 WIT. Selanjutnya mengikuti upacara penurunan bendera secara virtual dari Istana Negara, Jakarta pukul 19.00 WIT.

Sementara untuk masyarakat, tambah Jery, diminta tetap berada di rumah masing-masing dan tidak berkumpul untuk alasan apa pun di luar rumah.

Masyarakat juga diimbau menyaksikan pelaksanaan upacara HUT RI tingkat Provinsi Papua lewat live streaming di Youtube milik Pemprov Papua, RRI Jayapura serta TVRI Papua.